Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mengkonsumsi Kentang

Kentang memiliki banyak manfaat sehat, lho! Sebuah studi terbaru dari Amerika Serikat yang disebut kentang dapat mencegah penyakit jantung sampai kaya akan vitamin.

Profesor Derek Stewart dari James Hutton Institute di Skotlandia membantah klaim bahwa cara meninggikan badan kentang tidak sehat dan mengandung banyak karbohidrat. Dalam studinya, Stewart mengatakan bahwa kentang mengandung banyak vitamin, mineral dan serat.

"Jika Anda harus tinggal dengan sekali makan selamanya, pilihlah kentangnya." Selain mengandung vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung karotenoid dan polifenol yang bagus untuk tubuh, "katanya seperti dikutip oleh Daily Mail.

Studi epidemiologi Stewart menyebutkan bahwa konsumsi kentang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Hal ini terutama terlihat pada kelompok peserta yang mengganti daging dengan sayuran dan kentang sebagai makanan.

Meski begitu, Stewart menyebutkan manfaat kentang yang didapat dari mengonsumsi kentang utuh, apakah dimasak, digiling, dikukus atau dipanggang. Makanan kentang olahan seperti kentang goreng dan keripik tidak memiliki manfaat yang sama.

Hal yang sama berlaku untuk Dr. Mark Taylor, ahli diet dan ahli gizi terkemuka. Dalam laporannya yang berjudul "Kentang: dasar untuk nutrisi manusia dan manfaat kesehatan" Taylor menyebut kentang sel sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Padahal, ia mengatakan bahwa kandungan vitamin dan mineral pada kentang dapat mencegah menurunnya fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan demensia.

"Karena itu, jangan salah sangka, manfaat lari pagi kentang makan dengan baik dengan diet karena mengandung banyak nutrisi," katanya.

Komentar

Postingan Populer