Cara Menghindari Gigi Berlubang Pada Anak

Karies gigi dan karies gigi tidak hanya dialami oleh orang tua. Kedua jenis karies juga sering dialami pada masa kanak-kanak.

Menurut Drg. Ratu Mirah Afifah GCCLinDent MDSc, ​​Kepala Bidang Kesehatan dan Kebugaran dan Institusi Profesional Yayasan Unilever Indonesia, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak. Salah satunya adalah kebiasaan yang salah saat minum susu dengan sebotol.

"Membiarkan botol susu menempel ke mulut saat anak tertidur akan menyebabkan gigi merendam larutan manis terlalu lama sehingga membuat gigi mudah keropos," kata Mirah, caraku hidup sehat Rabu.

Pada dasarnya kandungan kalsium dalam susu, yogurt atau keju sangat baik untuk kekuatan gigi dan tulang anak. Namun, manfaat ini tidak puncak bahkan bisa menyebabkan kerusakan gigi jika ditambah dengan gula.

Untuk mencegah kerusakan gigi pada anak-anak, kenali anak-anak dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang merangsang kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur seperti buah dan sayuran. Air liur bekerja untuk mencegah pengembangan mikroorganisme yang tidak terkendali.

Mengurangi konsumsi makanan manis dan lengket juga penting untuk menjaga tingkat kenyamanan di mulut. Menurut Mirah, kadar asam dalam mulut bisa menyebabkan permukaan terluar gigi menjadi rapuh.

Komentar

Postingan Populer